Artikel

Peringatan Hari Bumi Sedunia dan Hari Lingkungan Hidup, Bupati Ngawi : Tak Ingin Sekedar Seremonial, Menjaga Bumi dengan Tindakan Nyata

15 Mei 2024 09:58:46  Administrator  112 Kali Dibaca  Berita Desa

Kartoharjo.desa.id - Dalam rangka Peringatan Hari Bumi Sedunia dan Hari Lingkungan Hidup tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Ngawi mengadakan penanaman pohon di area Taman Candi, Desa Kartoharjo, Ngawi pada Rabu (15/05).

Sebelum dilakukan penanaman pohon, diadakan apel/upacara terlebih dahulu yang diikuti dari berbagai kalangan. Diantaranya Dinas Lingkungan Hidup, Pramuka saka Kalpataru, Pemerintah Desa Kartoharjo dan Karangasri, dll sejumlah kurang lebih 200 peserta.

Bupati Ngawi, Ony Harsono hadir sebagai pembina upacara.

"Lingkungan hidup harus kita jaga demi keberlangsungan kehidupan bumi kita. Kita tak ingin sekedar seremonial, tapi kita buktikan dengan tindakan nyata," kata Bupati Ngawi.

Pemkab Ngawi juga berupaya menggalakkan pertanian yang mandiri yang merupakan salah satu program dari Bupati Ngawi.

Bupati Ngawi juga menyerahkan bibit pohon secara simbolis kepada perwakilan dari peserta.

Seusai upacara, dilakukan penanaman bibit pohon oleh Bupati. Bupati Ngawi mencangkul tanah yang sudah disiapkan dan melakukan penanaman bibit pohon.

Kepala Desa Kartoharjo, Suwarjono juga melakukan penanaman bibit pohon di Taman Candi.

Bupati Ngawi juga berharap masyarakat menerapkan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dalam pengelolaan sampah.

3R dari prinsip pengelolaan sampah adalah melalui prinsip Reduce timbulnya sampah akan berkurang sejak awal. Kemudian didukung dengan prinsip Reuse yang berfungsi agar sampah dapat digunakan kembali. Terakhir, prinsip Recycle dibutuhkan bila ingin mendaur ulang sampah agar memiliki nilai ekonomis kembali. (universaleco.id).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next