Artikel

Halbil dan Sarasehan Bersama Kades Se Kab. Ngawi

23 April 2024 12:03:05  Administrator  115 Kali Dibaca  Berita Ngawi

Suara.ngawikab.go.id - Masih dalam suasana Idul Fitri 1445 Hijiriah, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa gelar acara Halal Bihalal sekaligus Sarasehan penguatan integritas Kepala Desa dalam mewujudkan tata kelola keuangan desa yang akuntabel di Pendopo Wedya Graha, Senin (22/04/24).

Acara ini dihadiri Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono bersama Forkopimda, Kepala OPD terkait, Camat, dan Kepala Desa se Kabupaten Ngawi.

Disampaikan Bupati Ngawi, kegiatan ini selain Halal Bi Halal seluruh Kepala Desa dan Forkopimda, juga untuk menjaga silaturahmi, “Agar sinergi dan kolaborasi Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa bisa terjalin dengan baik,” terangnya.

Selain itu, Ony Anwar juga berharap dengan serasehan ini pelaksanaan administrasi kegiatan Pemdes semakin baik, apalagi ditunjang digitalisasi dengan Siskeudes dan CMS (Cash Management System), “Dengan sistem yang baik dan juga penuh integritas,” lanjutnya.

Dengan CMS ini, lanjut Ony diharapkan administrasi keuangan desa semakin bisa terlaporkan dengan baik, sehingga meminimalisir terjadinya sejumlah kecurangan ditingkat Pemdes, “Karena dengan sistem ini nantinya semua kegiatan administrasi bisa terpotret dengan baik, “Seperti pembayaran tunjangan kepada perangkat atau kerjasama dengan mitra kerja atau pihak ketiga yang bisa langsung di transfer melalui sistem tersebut,” jelasnya.

Tidak hanya itu, dengan CMS, bisa juga menjadi penguatan dalam pencegahan tindak pidana korupsi sekaligus menciptakan budaya tertib adminstrasi dan takut melakukan kecurangan.

Sementara itu Kepala DPMD Kabul Tunggul Winarno mengatakan CMS untuk tahun ini, baru disoft lauching di 41 Desa, dan berharap tahun depan semua desa mengimplementasikan sistem ini.

"41 desa yang melakukan percontohan ini berdasarkan jumlah dari masing-masing Kecamatan dan tidak menutup kemungkinan dalam waktu percontohan ini ada desa yang mau ikut, maka kita juga akan menambahkannya," terangnya.

Sarasehan kali ini ada penyampaian materi dari Wakil Bupati Ngawi, Dwi Rianto Jatmiko, Kapolres Ngawi AKBP Argowiyono, Dandim 0805 Letkol Arm Didik Kurniawan.

*** Sumber laman suara.ngawikab.go.id tanggal 22 April 2024. Klik : https://suara.ngawikab.go.id/2024/04/22/halbil-dan-sarasehan-bersama-kades-se-kab-ngawi/

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next